Jumat, 13 Juni 2014

Ringkasan Novel Terjemahan : The Hunger Games

Dari dua puluh peserta, hanya satu pemenang yang selamat.
Amerika Utara musnah, lalu pada akhirnya berdiri satu negara yang bernama Panem yang terdiri dari 12 distrik. Untuk mengendalikan warganya, pemerintah pusat Panem setiap tahun mengadakan pertandingan yang bernama The Hunger Games. Setiap distrik harus mengirimkan dua orang wakil, seorang wanita dan seorang pria yang namanya diundi di setiap distrik. Namun, secara kebetulan nama seorang gadis kecil yang baru pertama kali memasukkan namanya ke dalam undian tercabut. Primrose Everdeen, namun karena kakaknya Katniss Everdeen tidak tega untuk membiarkan adiknya sangat ia sayangi itu masuk ke arena The Hunger Games yang kejam, berdarah dimana semua pesertanya harus mempertahankan hidup mereka di tengah-tengah arena yang sudah dirancang sedemikian mungkin, Katniss pun dengan berani mengajukan diri sebagai peserta Hunger Games untuk menggantikan adiknya. Lalu, terpilih Peeta Mellark sebagai peserta pria yang akan masuk ke arena Hunger Games dari Distrik 12. Bersama dengan Peeta, Katniss pun memulai perjalanan ke Capitol dalam rangka mempersiapkan diri untuk pertandingan Hunger Games yang juga akan dilaksanakan di Capitol. Ia pun menitipkan ibu dan adiknya kepada sahabat dekatnya, Gale.
Bersama dengan mentor, pendamping dan tim penata rias mereka, Katniss dan Peeta mengikuti pelatihan sebaik mungkin. Katniss memang sudah memiliki kemampuan dalam berburu, sehingga bisa dikatakan aman, selain itu ia juga merupakan sosok yang pandai dalam memanah. Sementara Peeta, yang merupakan seorang anak pemilik toko roti, hanya memiliki bakat sekedar melukis tangannya agar ia dapat berbaur menyamar bersama alam pada saat di arena nanti. Selain itu, ia juga merupakan sosok yang kuat, walau ia sempat di remehkan oleh para peserta Karier. Haymitch, yang merupakan mentor mereka dalam The Hunger Games, kerap kali mengingatkan mereka agar dapat menarik dan membuat orang-orang menyukai mereka, sehingga mereka akan memiliki banyak sponsor yang nantinya akan membantu mereka dalam pertandingan di arena. Sementara Haymitch melakukan tugasnya, Effie sebagai pendamping peserta dari Distrik 12 pun mengajarkan Katniss cara berjalan, duduk, dan berpakaian seperti orang-orang Capitol, yang berbanding terbalik dengan Katniss. Lalu, Katniss pun bertemu dengan Cinna, perancang busananya dan Peeta dalam Hunger Games. Katniss dan Cinna pun bersahabat, karena memang hanya Cinna lah satu-satunya orang Capitol yang normal menurut Katniss.
Hal tak terduga muncul mengagetkan Katniss. Ketika wawancara per-individu, Peeta secara mengejutkan menyatakan bahwa ia menyukai Katniss, dan ia merasa bahwa ia tidak akan bisa bersama dengan Katniss. Karena dalam Hunger Games hanya aka nada satu orang pemenang. Hal ini mengundang simpati dari masyarakat Capitol.
Lalu, ketika Katniss, Peeta dan semua peserta Hunger Games dari Distrik 1 sampai Distrik 11 masuk ke arena, petarungan pun dimulai. Awalnya Katniss masih dapat melarikan diri, dan berusaha untuk tidak terlibat dalam pembunuhan apapun. Namun, setelah itu Katniss bertemu dengan para peserta Karier yang sangat berambisi membunuhnya (terutama Cato yang berasal dari Distrik 2). Cato, yang merupakan pemimpin dan juga merupakan peserta Hunger Games terkuat, berusaha untuk meraih dan membunuh Katniss. Namun, berkat akal cerdiknya, Katniss pun memanjat pohon yang cukup tinggi, dan tidak bisa di raih oleh Cato maupun kawanannya. Hal mengejutkan lainnya ialah, Peeta yang telah lama terpisah dari Katniss bergabung dengan para peserta Karier.
Katniss pun sempat merasa bingung dengan keadaan yang ia alami saat itu, namun ia tetap fokus dalam misi penyelamatan dirinya. Berkat bantuan Rue, gadik kecil dari Distrik 11 yang selama ini memata-matainya, Katniss pun berhasil melarikan diri dengan menjatuhkan sarang tawon beracun, yang katanya dapat menimbulan efek halusinasi parah, dan bahkan bisa membuat orang yan tersengat mati. Lalu, dalam keadaan setengah berhalusinasi akibat sengatan tawon, Katniss mencuri senjata busur dan panah milik salah satu peserta Karier yang telah tewas oleh tawon itu.
Dengan berbekal senjata sebilah pisau dan busur beserta anak panahnya, Katniss pun berburu demi memenuhi makanan sehari-harinya. Ia dan Rue pun menjadi rekan untuk sementara waktu sampai Rue meninggal akibat di bunuh oleh Cato dan teman dari distriknya. Katniss pun sempat berputus asa, namun begitu mendengar pengumuman bahwa dua orang peserta dari distrik yang sama dapat memenangkan Hunger Games, Katniss pun mulai bangkit dan mencari Peeta. Ketika menemukan Peeta dalam kedaan terluka, Katniss pun menolongnya, bahkan ia juga rela pergi ke Cornucopia dalam rangka untuk mendapatkan obat  demi menyembuhkan Peeta. Bahkan Katniss pun sempat berhadapan dengan peserta dari Distrik 2, yang hampir membunuhnya. Lalu Katniss kembali ketempat ia meninggalkan Peeta, dan memberikannya obat yang telah ia dapatkan.
Setelah beberapa hari, barulah Katniss dan Peeta memutuskan keluar untuk mencari makanan, dalam mencari makanan, ada seorang peserta tribute yang mati karena memakan buah berry beracun yang Peeta kumpulkan. Katniss sempat memarahi Peeta karena kebodohannya yang mengumpulkan buah berry beracun untuk persediaan makanan mereka. Namun pada akhirnya buah berry itu ia simpan untuk membunuh Cato, kalau-kalau ia kelaparan dan tidak menyadari bahwa buah berry itu buah beracun.
Namun , tak disangka-sangka. Katniss dan Peeta bertemu dengan mutan yang telah di rancang khusus oleh Seneca untuk memburu para tribute. Alhasil mereka melarikan diri ke arah Cornucopia. Disana, terjadilah pertarungan antara Katniss dan Peeta melawan Cato. Setelah berhasil menguasai keadaan dengan menyandera Peeta, dan mengancam bahwa ia akan mendorong Peeta ke arah mutan-mutan itu, Cato pun lengah dan Katniss dengan sigap memanah tangan Cato yang menyandera Peeta. Peeta dengan sigap langsung melekmpar tubuh Cato ke arah mutan-mutan itu. Secara otomatis, mutan-mutan itu langsung menyerbu dan memakan Cato. Merasa tidak tega, Katniss pun memutuskan untuk memanah Cato, agar ia tidak perlu merasa kesakitan dimangsa oleh mutan-mutan itu.
Setelah mereka selamat, Seneca pun mengumumkan bahwa ia mencabut kelonggaran tentang pemenang Hunger Games yang dapat diraih oleh dua orang dalam satu distrik yang sama. Merasa tidak tega untuk membunuh Peeta yang sudah rela berpura-pura bergabung dengan kawanan peserta Karier untuk melindunginya, Katniss pun mengeluarkan buah berry beracun yang dicabut oleh Peeta, dan menyuruh Peeta untuk memakannya bersamaan. Peeta pun melakukan apa yang diperintahkan oleh Katniss. Takut kehilangan pemenang, Seneca pun menyatakan bahwa Katniss dan Peeta memenangkan pertarungan Hunger Games ke-74.

1 komentar: